BLT DD Bantarjaya Rancabungur Berkurang 43 KPM

  • Mar 15, 2023
  • Admin Bantarjaya-Rancabungur

BOGOR, – Jumlah penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) 2022 Bantarjaya Kecamatan Rancabungur Kabupaten Bogor berkurang 43 KPM.

Kepala Desa (Kades) Bantarjaya, Mangku Sudrajat mengatakan, jumlah penerima BLT DD 2022 sebanyak 137 keluarga penerima manfaat (KPM).

“Penerima BLT DD Bantarjaya tahun ini memang berkurang sebanyak 43, yang sebelumnya pada 2021 jumlahnya 180 KPM,” katanya kepada Kobra Post Online usai penyaluran BLT DD, Selasa (12/4).

Menurutnya, hal ini terjadi karena ada aturan baru dari pemerintah di mana pengalokasian dana desa untuk BLT maksimal 40 persen.

“Pembagian BLT saat ini tahap pertama triwulan kesatu, yaitu Januari, Februari dan Maret. Masing-masing KPM menerima dana sebesar Rp900 ribu. Bagi warga yang akan mengambil BLT wajib sudah vaksin,” ungkap Sudrajat.

Ia menuturkan, alokasi BLT Dana Desa dalam satu tahun ini terbagi dalam dua tahap, yakni masing-masing enam bulan.

“Tahap pertama triwulan kesatu baru cair bulan ini. Nanti akan ada pencairan lagi untuk triwulan kedua,” tuturnya.

Sesuai instruksi Presiden, sambungnya, alokasi penggunaan Dana Desa selain BLT, juga untuk ketahanan pangan sebesar 20% dan penanganan covid 8 persen. Sisanya 32% demi memenuhi program sektor prioritas lainnya.

“Semua sudah ada pos-pos anggarannya masing-masing. Makanya BLT DD Bantarjaya tahun ini berkurang,” ucapnya.

Terakhir, Kades mengimbau kepada warga yang mendapatkan bantuan ini agar bisa memanfaatkan sebaik mungkin. Terutama harus digunakan untuk membeli kebutuhan pokok.

“Yang terpenting itu bahan pokok dan sembako. Kita juga berharap semoga pandemi bisa cepat terlewati, karena kondisi seperti saat ini sangat menghambat pembangunan di desa,” pungkas Sudrajat. (Kobra Post)