Desa Bantarjaya Rancabungur Bagikan 200 Takjil Gratis

  • Jul 02, 2024
  • Admin Bantarjaya-Rancabungur

BOGOR, – Desa Bantarjaya Kecamatan Rancabungur Kabupaten Bogor membagikan 200 takjil gratis kepada warga sekitar dan pengguna jalan.

Mangku Sudrajat selaku Kepala Desa (Kades) Bantarjaya mengatakan, setiap bulan Ramadan pihaknya rutin membagikan takjil gratis.

“Kebetulan tahun 2022 ini, ada intruksi dari Bupati Bogor melalui kecamatan untuk menyediakan takjil gratis selama Ramadan. Jadi, semua desa yang ada di Rancabungur ikut melaksanakan kegiatan berbagi ini. Selain itu sebagai bentuk kekompakan,” katanya kepada Kobra Post Online usai pembagian takjil di depan Kantor Desa Bantarjaya, Senin (18/4).

Mangku menuturkan, pihak kecamatan mengintruksikan setiap desa yang ada di wilayah Rancabungur untuk menyediakan 200 paket takjil. Adapun sasaran pembagiannya bagi warga sekitar dan pengguna jalan yang melintas.

“Warga kami juga tadi banyak yang mendapatkan takjil ini. Sebetulnya walaupun tidak ada perintah, setiap Ramadan kami selalu membagikan takjil gratis,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Rancabungur, Patulloh menambahkan, untuk merealisasikan intruksi Bupati Bogor, pihaknya telah membuat jadwal pembagian takjil gratis.

“Setiap hari kerja satu desa di Rancabungur mendapatkan jadwal menyediakan dan membagikan makanan pembuka puasa. Jadi, hari Senin sampai dengan Kamis itu rekan-rekan dari pemerintahan desa yang siapkan. Sedangkan, pihak kecamatan setiap Jumat,”ucapnya saat menghadiri pembagian takjil di Desa Bantarjaya.

Ia menjelaskan, kegiatan sosial ini merupakan bentuk kepedulian dan perhatian pemerintah, baik kecamatan maupun desa terhadap warga yang sedang melaksanakan ibadah puasa.

“Mudah-mudahan apa yang kami lakukan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat. Khususnya warga Rancabungur, umumnya saudara-saudara kita yang melewati jalan Bantarjaya ini. Sehingga saat mereka masih berada di jalan, tidak sulit mencari makanan untuk berbuka puasa,” jelasnya.

Terakhir, ia menyebutkan, kegiatan ini akan terus berlangsung selama Ramadan. Di Rancabungur ada tujuh desa, maka satu desa bisa dua kali melaksanakan pembagian takjil ini.

“Pihak kecamatan bekerjasama dengan rekan-rekan IPSM, karang taruna dan TKSK,” pungkasnya. (Kobra Post)