Sosialisasi Persiapan Penyelenggaraan Adminduk di Tingkat Desa

  • Jul 13, 2024
  • Admin Bantarjaya-Rancabungur

CIBINONG - Kasi Pemerintahan Desa Bantarjaya Muhamad Abdurrohman mengikuti kegiatan sosialisasi persiapan penyelenggaraan administrasi kependudukan di tingkat desa/kelurahan di Aula Kantor Disdukcapil Kabupaten Bogor Jl. Tegar Beriman Bogor, Rabu (10/7/2024).

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Bogor ini diikuti oleh seluruh Kasipem Desa se-Kabupaten Bogor dan dibagi persesi selama 6 hari.

Untuk Kecamatan Rancabungur, masuk sesi/hari kedua bersama 6 kecamatan lainnya, yaitu: Kecamatan Jonggol, Cigombong, Dramaga, Parung, Bojonggedé dan Jasinga.

Dalam kegiatan sosialisasi ini juga sekaligus diberikan materi Bimtek tentang pelayanan Identitas Kependudukan Digital (IKD) dan Aplikasi Japati (Jaringan Pasti Terintegrasi) serta pemadanan data antara Siak Terpusat dengan Aplikasi Japati.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Bogor Hadijana dalam arahannya menyampaikan kunci percepakan atau akselerasi peningkatan kualitas layanan administrasi kependudukan di Kabupaten Bogor adalah transformasi digital pelayanan hingga Tingkat Desa/Kelurahan. Dan tujuan dari transformasi digital layanan Tingkat desa/kelurahan tersebut adalah untuk mendukung pelayanan terintegrasi dan penyederhanaan tata kelola pemerintahan yang baik dan efisien serta memudahkan Masyarakat.

Sebelum melaksanakan pelayanan kependudukan ditingkat desa, admin desa diberi tugas untuk pemadanan data antara SIAK dengan Aplikasi Japati dan aktivasi IKD. (adm/rhm)